Selasa, 22 Maret 2011

Pengusaha Kreatif


Pengusaha Kreatif
Seorang pengusaha harus dapat berfikir kreatif, agar mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha lainny di bidang pemasaran dan marketing.
Seperti halnya Shinta Dewi, seorang wanita berumur 32th yang berprofesi sebagai guru SD ini juga mempunyai usaha disela-sela ia mengajar. Mbak shinta ini mempunyai usaha mengolah limbah bekas menjadi sesetu yang mempunyai nilai harga jual tinggi.
Barang bekas sering menimbulkan dilema. Barang bekas kadang hanya dibuang atau paling tertumpuk digudang atau di jual ke pembeli barang rongsok, padahal dengan sedikit kreativitas, ketrampilan mengolah barang rongsok atau limbah ternyata mempunyai potensi tersndri. Tidak mustahil apabila dapat mendulang untung dari usaha  membuat barang antik dr barang bekas.
Ada beberapa kreteria barang yang didaur ulang untuk dijadikan hasil karya yang tentu bernilai tinggi. Seperti kertas koran bekas, Tumpukan koran bekas ternyata dapat disulapmenjadi aneka barang multi fungsi dan mempunyai nilai seni yang tinggi.Koran-koran bekas di pilih yang bagus dan layak pakai lalu dianyam rapi dapat menghasilkan aneka bentuk seperti figura foto, vas bunga, tempat koran, dll. Barang-barang tersebut lalu di cat atau dipernis untuk menciptakan karya eni yang indah.
Ada pula yang terbuat dari barang bekas berupa kaleng dan botol, Barang bekas berupa botol atau kaleng dapat disulap menjadi barang2 indah. Baerbagai bentuk botol minuman yang unik dapat dijadikan benda pajangan. Aranya mudah hanya dengan memberikan lukisan yang menurutnya bagus. Langkah pertama yang dilakukan adl dg membuat pola mengunakan tinta khusus untuk bahan dasar kaca, lalu lakukan pewarnaan sesuai desainyg dinginkan, Kaleng-kaleng bekas juga adapat disulap menjadi beberapa wadah misalnya tempat pensil, celengan, cara membuatnya hampir sama dengan cara meluis botol tadi.
Agar kreasi barang bekas tadi dapat mendulang pundi2 rupiah harus dapat menciptaka keunikan, makin unik barang tsb makin tinggi harga jualnya. Selain unik barang bekas tadi juga harus di cuci sampai bersih, karna barang tsb hnya barang bekas yang belum tentu terjamin akan kebersihannya. Bisa juga menitipkan barang2 tsb ke toko kerajina, swalayan dll


tugas technopreneurship
Nama: Riefkiana Saputri
Nim  : 08018257
kelas : C

1 komentar:

  1. Slots Provider Review - Jtmhub
    Slots 구미 출장마사지 Provider Overview. JSoftBet Casino is a new 안성 출장안마 game provider 안산 출장샵 in the iGaming industry that has taken the traditional 포천 출장안마 slots 밀양 출장안마 platform by storm,

    BalasHapus